PKL dan Asongan Hadiri Undangan Penyuluhan di Disdagnakerkop UKM

KARANGANYAR – Pada hari Selasa tanggal 25 Februari 2020 Disdagnakerkop dan UKM mengadakan Penyuluhan, Pemberdayaan dan Disiplin PKL dan asongan yang berada di Taman Pancasila. Kegiatan tersebut dilaksanakan  di aula Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Perdagangan dan Pasar, Sriyanto, SE. Dalam sambutannya beliau menyampaikan perlunya kesadaran PKL dalam hal kebersihan, kenyamanan dan kekeluargaan antar PKL di Taman Pancasila. Materi penyuluhan disampaikan oleh Kasi Penataan dan Keamanan Pasar, Joko Setyono, A.Md. berkaitan tentang Perda No 7 Tahun 2016 tentang Penataan dan  Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima dan Perda No 7 Tahun 2017 tentang Perubahan  Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 4 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha.

Dalam rangka penataan PKL perlu diadakan pendataan dan pendaftaran PKL. Hal ini sesuai dengan pasal 5 point a dan b, Perda No. 7 Tahun 2016. Disampaikan juga bagaimana tata cara mendaftarkan usaha, dan berkas-berkas yang harus disiapkan. Selanjutnya Disdagnakerkop UKM akan menerbitkan TDU  (Tanda Daftar Usaha) PKL yang berfungsi untuk mengendalikan dan menjamin kepastian hukum berusaha.

Dalam kegiatan tersebut juga diadakan sosialisai terkait akan di terapkannya Karcis Retribusi yang baru, sesuai dengan Perda No. 7 Tahun 2017 tentang Perubahan  Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 4 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha.

Para PKL sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Terbukti dengan kehadiran mereka yang melebihi jumlah undangan. Dalam acara tanya jawab mereka juga sangat antusias dalam menyampaikan uneg-unegnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *