DISDAGNAKERKOPUKM MENYEDIAKAN DESKTOP EXPO UNTUK PROMOSI PRODUK UNGGULAN KABUPATEN KARANGANYAR


Dinas Perdagangan,Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (DISDAGNAKERKOPUKM) bertugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang perdagangan, bidang koperasi dan usaha kecil menengah, bidang tenaga kerja dan bidang transmigrasi yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah. DISDAGNAKERKOPUKM meluncurkan program desktop expo sebagai bentuk dukungan agar produk-produk unggulan di Karanganyar, dapat lebih dikenal publik melalui display produk berukuran 2×2 meter, etalase ini dipajang di lobby Kantor Bidang Perdagangan dan Pasar. Etalase ini dapat memuat setidaknya 40 produk lokal baik berupa produk makanan, kerajinan, serta produk lain yang sebelumnya telah diseleksi oleh tim perdagangan. Untuk produk makanan diwajibkan memiliki ijin edar minimal PIRT, lebih dianjurkan apabila telah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Untuk produk kerajinan dan barang industri lainnya juga dapat dipajang pada etalase desktop expo tersebut, dengan dimensi tinggi tidak lebih dari 45 cm, mengingat pertimbangan keterbatasan ruang.
Satu hal yang paling penting lagi adalah bahwa semua produk yang dipajang tersebut dipastikan asli produk dari Karanganyar, bukan dari luar daerah. bHal ini dimaksudkan agar masyarakat karanganyar benar-benar mendapatkan nilai tambah dari keberadaan desktop expo tersebut terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 yang saat ini belum berakhir, penyelenggaraan expo-expo yang mendatangkan banyak pengunjung masih dibatasi. Bahkan untuk tahun 2020 lalu, pemkab tidak menyelenggaraklan agenda tahunan expo intanpari sebagaimana dengan tahun-tahun sebelumnya.
Oleh karena itu, salah satu tujuan penting dari dekstop expo ini bertujuan untuk mempromosikan produk yang ada di Kabupaten Karanganyar dalam rangka ketahanan ekonomi menghadapi pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai, sehingga diharapkan mampu mendorong aktivitas perekonomian masyarakat Kabupaten Karanganyar ditengah adanya pandemi Covid-19 ini.
Produk-Produk yang dimuat contohnya ampyang, onde-onde, abon, keripik jamur, singkong, ubi ungu, kopi bubuk , berbagai kerajinan batik tulis, dan kerajinan tangan serta masih banyak yang lainnya.
Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan ruang desktop expo atau bahkan membeli produk-produk yang didisplay disana dapat menghubungi Sdr. Ayu (0856-2775-115) atau datang langsung ke Dinas Perdagangan,Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Karanganyar hari senin-jumat pada jam kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *