Disdagnakerkop UKM Kabupaten Karanganyar Gelar Sosialisasi Cukai di Kecamatan Karangpandan

Karanganyar – Selasa, 9 November 2021, Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagnakerkop UKM) Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai di Kecamatan Karangpandan.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Karanganyar, Bapak Drs. H. Juliyatmono, M.M, didampingi Kepala Disdagnakerkop UKM Kabupaten Karanganyar, Bapak Martadi, S.Sos, M.M. Sosialisasi diselenggarakan di Aula Balai Desa Karangpandan. Peserta pada kegiatan ini adalah perwakilan masyarakat Kecamatan Karangpandan.

Dalam sambutannya, Bupati mengajak masyarakat untuk melawan dan mencegah peredaran rokok ilegal. Beliau juga menyampaikan kepada peserta sosialisasi bahwa Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) ini diberikan oleh pemerintah pusat berdasarkan presentase pendapatan daerah. Dana ini sangat berguna untuk percepatan pembangunan bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Karanganyar.

Materi pertama sosialisasi ini disampaikan oleh Tubagus Gilang Hidayatullah, SH selaku perwakilan dari Kejaksaan Agung RI. Beliau menjelaskan tentang barang kena cukai, jenis pelanggaran cukai/cukai rokok  dan sanksinya serta manfaat dari cukai yang dipungut negara. Materi kedua disampaikan oleh Intania Risya Febrianti selaku Seksi Penyuluhan dan Pelayanan Informasi Bea Cukai Surakarta yang menyampaikan materi tindak pidana cukai dan landasan hukum.

Kepala Disdagnakerkop UKM Kabupaten Karanganyar dalam laporannya menjelaskan tujuan dari acara ini adalah memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat Kabupaten Karanganyar mengenai cukai, cukai rokok dan jenis-jenis rokok ilegal sehingga masyarakat sadar dan ikut membantu pemerintah dalam memberantas rokok ilegal. Para peserta sosialisasi dari Kecamatan Karangpandan sangat tertib dan antusias selama mengikuti kegiatan sosialisasi ini. (Bella/Cori)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *