Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah Adakan Pembinaan Jaminan Sosial di Kabupaten Karanganyar

Karanganyar – 23 Februari 2022. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Peningkatan Perlindungan Tenaga Kerja Melalui Pembinaan Jaminan Sosial di Kabupaten Karanganyar di New Normal CafĂ©. Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang peserta dari perwakilan perusahaan di Kabupaten Karanganyar.

Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kab. Karanganyar, Martadi, S.Sos., M.M membuka kegiatan tersebut sekaligus menyampaikan materi mengenai ketenagakerjaan. Dalam paparannya, beliau berpesan untuk saling menjaga harmonisasi antara pekerja dan pengusaha.

Paparan ke-2 disampaikan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar, Gunadi Hery Urando. Beliau menyampaikan “Total pekerja penerima upah yang sudah tercover BPJS mencapai 36.95%. Sementara peserta bukan penerima upah mencapai 1.12%. Dari angka itu, perlu upaya meningkatkan jumlah pekerja yang tercover BPJS Ketenagakerjaan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kepastian perlindungan bagi pekerja.”

Adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bagi pengusaha untuk memberikan perlindungan bagi pekerja melalui Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). (Hilma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *